Komunikasi antar pribadi: Kunci Sukses Membangun Kerjasama Tim
Komunikasi tentunya menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Tak terkecuali pada bidang perpustakaan yang bergerak dalam bidang layanan. Bagiaman kita bisa melayani dengan sebaik mungkin tentunya tak terlepas dari komuniaksi yang baik dengan rekan sejawat kita maupun pemustaka.
Dalam rangka membangun komunikasi yang efektif, UPA Perpustakaan UNEJ menyelenggarakan kongkow bersama pustakawan seri ke 32 dengan tema Komunikasi antar pribadi: Kunci Sukses Membangun Kerjasama Tim. Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 18 Agustus 2023 melalui zoom meeting ini menghadirkan narasumber yang merupakan Trainer Public Speaking yaitu Murry Ririanty, S.KM., M.Kes.
Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat ini mengatakan bahwa Komunikasi merupakan proses pertukaran informasi, gagasan dan perasaan. Seringkali yang kita lewati jika berbicara komuniaksi efektif yaitu tidak menyertakan perasaan didalamnya. Komunikasi merupakan Proses informasi yang disampaikan baik secara lisan mauopun terltutli dengan kata-kata atau yang disampaikan dengan bahsa tubuh, gaya maupun penampilan diri menggunakan alat bantu atau media sehingga sebuah pesan menjadi lebih mudah dipahami. Komunikasi akan lebh efektif lagi jika ada alat bantu seperti contohnya PPT untuk membantu memapakrkan materi yang akan disampaikan.
Pada era 5.0 media merupakann alat batu yang sangat penting sekali dalam sebuah komunikasi. Dalam komunkasi terdiri dari komunikator, komunikan, pesan yang disampaikan serta umpan balik. Komunikasi tidak efektif jika tidak ada umpan balik dan respon yang baik.
Melalui komunikasi seseorang bisa beradaptasi pada lingkungan. Berdasarkan data 70% kesalahan di dunia kerja diakibatkan komuniaksi yang buruk, banyaknya mis persepsi diantara karyawan, 85% kesuksesan berkaitan dengan kemampuan seseorang menjalin hubungan dengan orang lain, sukses harus membangun kedekatan serta kuncinya komunikasi. Riset mengatakan bahwa 80% orang memebli produk akrena teknik penyampaian. Data-data tersebut menunjukkan bagaimana sebuah komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan.
Kata-kata nada akan membangun nasib anda, dengan memperbaiki komunikasi membantu kita lebih bisa menghargai proses kita menjadi lebih baik. Komunikasi ialah respon yang anda terima maka posisikan diri kita sebagai sseorang yang menyampaikan informasi kepada kita dengan memberikan umpan balik yang positif. Salah satu Kaidah komunikasi efektif yaitu hargai apa yang disampaikan orang lain, emphaty yaitu dengan memposisikan diri sendiri pada posisi orang lain.
Pada kalimat penutup Beliau menyampaikan bahwa Komunikasi efektif tidak akan sulit selama kita merubah daya pikir kita, merubah mindset kita bahwa tidak sulit tergantung pada diri kita. Komunikasi berbagi lewat lisan dengan sling mengingatkan seingga daa perubahan. (igh)